Tiga Hal Yang Diridhoi Alloh dan Tiga Hal Yang Dibenci Alloh

Sahabat Kuttab Harun Ar-Rasyid dimanapun berada

Semoga kebaikan selalu menyertai hati saudara dan selalu dinaungi keimanan dan ketaqwaan yang kuat hanya kepada Alloh SWT. Hati bisa saja berubah kapan saja dan dimana saja saja hati ini bisa bergejolak ketika menerima sesuatu yang tidak mengenakan. Sesuatu yang tidak menyamankan hati itulah bagian kehidupan tiap manusia pada umumnya.

Namun hati yang selalu dekat kepada Alloh itulah hati yang akan dibimbing terus selamanya. Selama hati mempunyai keyakinan dan selalu menyertakan Alloh dimanapun dia berada maka Alloh akan selalu menjaga hatinya dari segala perbuatan yang lebih memburukan dan membahayakan dirinya.

Sesungguhnya Alloh ridho kepada hamba Nya yang patuh dan taat tanpa keraguan akan isi dan ajaran Islam yang dibawa dengan perjuangan berat oleh Rosululloh Muhammad ﷺ serta mengimani Al-Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari serta mengikuti tuntunan sunnah Rosululloh ﷺ. Itulah jalan kebahagiaan hidup sebenarnya baik di dunia dan di akherat kelak nanti.

Sahabat Kuttab Harun Ar-Rasyid dimanapun berada, pernah kah ingat bahwa kematian akan hanya meninggalkan satu masalah saja yaitu amal apa yang dibawa untuk bekal di akherat. Amal yang banyak kebaikannya akan masuk syurga dan amal buruk yang lebih banyak dibawanya maka akan masuk neraka untuk selama-lamanya.

Bukankah Alloh telah ridho Islam sebagai agama penutup sebagai agama yang diakui oleh Alloh SWT ? lalu mengapa masih banyak manusia yang mengakui agamanya sebagai Islam belum banyak melakukan apa yang diperintahkan oleh Alloh dalam kitab Al-Qur’an malah semakin jauh dari Al-Qur’an bahkan meniru kehidupan dengan cara bukan dari sunnah Rosululloh ﷺ tetapi memilih kehidupan kaum sesat dan menyesatkan. Naudzubillah.

Rosululloh ﷺ bersabda :

إِنَّ اللَّهَ يَرْضَى لَكُمْ ثَلاَثًا وَيَكْرَهُ لَكُمْ ثَلاَثًا فَيَرْضَى لَكُمْ أَنْ تَعْبُدُوهُ وَلاَ تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَأَنْ تَعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا وَيَكْرَهُ لَكُمْ قِيلَ وَقَالَ وَكَثْرَةَ السُّؤَالِ وَإِضَاعَةَ الْمَالِ

“Sesungguhnya Allah meridhai tiga hal dan membenci tiga hal bagi kalian. Dia meridhai kalian untuk menyembah-Nya, dan tidak menyekutukan sesuatu pun dengan-Nya, serta berpegang teguhlah kalian dengan tali Allah dan tidak berpecah belah. Dia pun membenci tiga hal bagi kalian, menceritakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya, banyak bertanya, dan membuang-buang harta.”

(HR. Muslim no. 1715)

Makna dari hadits Rosululloh ﷺ tersebut antara lain :

Alloh meridhoi kepada hamba Nya tiga hal yaitu :

  1.  Alloh ridho kepada hambaNya yang mau menyembahNya
  2. Tidak mensekutukan Alloh kepada segala bentuk lainnya
  3. Berpegang teguh kepada Islam dan tidak memecahbelahnya.

Alloh membenci hambaNya tiga hal yaitu :

  1. Memberitakan sesuatu / menyampaikan sesuatu yang tidak jelas sumbernya. Ini berkaitan seseorang menyampaikan suatu ajaran namun tidak jelas dari mana sumbernya. Dari mana nashnya dll.
  2. Banyak bertanya. Maksud dimungkinkan bertanya kepada sesuatu yang sebenarnya hak mempunyai kebenaran haqiqih tetapi berulang kali menanyakan sesuatu di luar kebenaran itu.
  3. Banyak membuang harta. Golongan manusia yang selalu menghamburkan harta yang sebenarnya adalah titipan dari Alloh tetapi digunakan untuk membelanjakan sesuatu yang sangat tidak berguna demi status hidupnya.

Sahabat Kuttab Harun Ar-Rasyid, jika Alloh ridho kepada hambaNya yang mau menyembah Nya yaitu mengerjakan sholat lima waktu berjamaah maka bagaimana yang mereka orang-orang yang tidak melakukan sholat 5 waktu tentu mereka termasuk orang yang tidak diridhoi oleh Alloh.

Rosululloh ﷺ bersabda :

يَا مُعَاذُ أتَدْرِي ما حَقَّ اللَّهِ عَلَى عِبَادِهِ ؟ قال قُلْتُ: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ ، قَالَ: حَقَّه عَلَيهم أَنْ يَعْبُدُوهُ وَلَا يُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا، أَتَدْرِي ماَحَقَّ الْعِبَادِ عَلَى اللَّهِ إِذَا فَعَلوُا ذلِكَ قُلْتُ : اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ ، قَالَ: حَقُّهُمْ عَلَيْهِ أَنْ لاَ يُعَذِّبَهُمْ

“Wahai Muadz, tahukah kamu apa hak Allah atas hamba-hambaNya?” Muadz menjawab, “Aku berkata, ‘Allah dan RasulNya lebih mengetahui.” Nabi shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Hak Allah atas mereka adalah hendaknya mereka menyembahNya dan tidak mempersekutukanNya dengan sesuatu. Tahukah kamu apa hak para hamba atas Allah bila mereka melakukan hal itu?” Aku menjawab, “Allah dan Rasul Nya lebih mengetahui.” Nabi shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Hak mereka atas Allah adalah bahwa Dia tidak mengazab mereka.”

(HR. al-Bukhari dan Muslim).

Bila seseorang tidak di ridhoi oleh kerabatnya, saudaranya, teman-temannya pastilah ada sebab dan musababnya. Mungkin karena sifat seseorang itu membuat geram akan sifat-sifatnya yang suka menyakiti orang, mengadu domba, suka memfitnah, suka berghibah, suka mencaci, suka berkhianat, suka berdusta atas nama Alloh maka tentu saja kerabat, saudara-saudaranya, teman-temannya tidak akan ridho bersanding dengan seseorang itu. Itu baru saja dari segi ketidak ridhoan manusia yang mungkin masih bisa diatasi. Lalu jika Alloh tidak ridho kepada seseorang maka kepada siapa seseorang itu yang tidak di ridhoi Alloh itu mencari penolong kepada selain Nya ?

Sahabat Kuttab Harun Ar-Rasyid, marilah selalu berusaha mendekatkan diri kepada Alloh semata dan selalu mengerjakan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya dengan belajar ilmu dienul Islam, memahami dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi hamba Alloh yang dicintaiNya.

Menyampaikan ilmu sesuai dengan sumber dari kebenaran yang Haq dari Alloh SWT adalah keharusan agar makna hidup ini jauh dari keburukan dan kesesatan. Tiada kesesatan yang dapat diselamatkan jika manusia menjadi sesat karena mengikuti paham kesesatan. Jauhilah kesesatan dan belajarlah dienul  Islam yang berdasar Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Tiga hal yang diridhoi Alloh dan tiga hal yang dibenci Alloh semoga memberikan kepada semua hamba Alloh menjadi patuh dan taat selalu akan segala perintahNya serta menjauhkan segala laranganNya.

[wpsr_plusone]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *